Wisata alam Pentulu Indah

Wisata alam Pentulu Indah atau dikenal dengan Bukit PI ini merupakan wisata hutan pinus baru di Kabupaten Kebumen yang diresmikan pada tahun 2015.

Bukit PI ini terletak di kawasan Pegunungan Paras Dukuh Dakah Karangsambung. Sesuai dengan namanya, pemandangan di Bukit PI ini memang indah, selain deretan pohon pinus, disana kita juga bisa menikmati matahari terbit atau sunrise yang indah.
Selain LIPI yang sudah termasyhur ke seantero negeri, Karangsambung juga mempunyai sebuah kawasan hutan pinus dengan sebuah bukit berjuluk Pentulu Indah. Saya sendiri juga belum tahu dan belum sempat juga mencari tahu kenapa bukit pinus ini dijuluki Pentulu Indah.

Letaknya di Dukuh Dakah, Desa Karangsambung Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Dari perempatan pasar Mertokondo, kita berjalan lurus ke utara melewati jalan raya Karangsambung. Ikuti terus jalan menuju LIPI, setelah melewati LIPI kita masih harus berjalan lagi ke utara.

Hamparan perbukitan yang kering, dan aliran sungai Lukulo yang tinggal sedikit debit airnya, menjadi teman setia perjalanan kita. Setelah melewati LIPI harap pacu kendaraan lebih pelan, agar tidak kebablasan maksudnya. Di kanan jalan akan kita temui gang dengan plang kayu berwarna biru, bertuliskan PI 1,5 km. Itulah petunjuk arah yang harus kita ikuti untuk menuju Pentulu Indah.

Jalur yang kita lalui berikutnya adalah trek menanjak, jalannya sudah teraspal walaupun ada juga beberapa bagian jalan yang aspalnya sudah mengelupas. Ikuti terus jalur aspal tersebut. Begitu memasuki kawasan hutan pinus, belok kiri mengikuti petunjuk plang PI.

Lokasi PI ini sendiri tidak begitu jauh dari rumah penduduk. Setelah masuk ke kawasan hutan pinus, kita akan disambut plang Selamat Datang di PI, dengan plang kayu berwarna biru juga ukurannya tidak begitu besar tergantung di antara pohon pinus. Kita masih dapat mengendarai motor kita lebih ke dalam lagi, tapi harus hati-hati tentunya, karena jalurnya berupa tanah bergunduk-gunduk.

Aroma khas hutan pinus menyeruak menyapa hidung. Setelah kita parkirkan kendaraan kita, kita langsung naik ke atas bukit. Naiknya tidak begitu tinggi kok.

NB: Untuk restribusi hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

Referensi : siti9isah.wordpress.com

- Copyright © 2016 Zakia Tour Travel - Terms Conditions - FAQ - CONTACT US - LEGALITAS - BERITA TERBARU - PANDUAN -